Genjot Ekspor ke Hong Kong, Kemendag Gandeng HKTDC Kerja Sama Promosi

By Admin

nusakini.com--Kementerian Perdagangan dan Hong Kong Trade Development Council (HKTDC) menjalin kerja sama di bidang promosi perdagangan. Kerja sama tersebut diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Arlinda dan Executive Director HKTDC Margaret Fong pada 1 Mei 2017 di Hong Kong dalam rangkaian acara Pertemuan Bisnis Indonesia-Hong Kong. 

Pertemuan terrsebut dihadiri Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita, Kepala BKPM Thomas Lembong, Dubes RI di Beijing Soegeng Rahardjo, Konsul Jenderal RI di Hong Kong Tri Tharyat, serta 300 pelaku usaha dari Hong Kong dan Indonesia. 

"Dengan adanya penandatanganan MoU ini, diharapkan produk-produk ekspor Indonesia dapat dikembangkan sesuai dengan selera pasar internasional dan tren produk masa kini yang pada akhirnya dapat terus meningkatkan volume perdagangan Indonesia," jelas Enggartiasto. 

MoU ini merupakan pembaruan komitmen antara Kemendag HKTDC sebagaimana telah tercantum dalam MoU sebelumnya yang ditandatangani pada 2012 dan berakhir masa berlakunya pada 20  Februari 2015.

Arlinda menegaskan, kerja sama ini merupakan bukti pemerintah menyadari  pentingnya sisi promosi yang harus terus diperkuat untuk meningkatkan ekspor nasional. “MoU yang baru ini lebih menekankan pada kerja sama di bidang promosi, yaitu pertukaran informasi, penyelenggaraan dialog bisnis, pemanfaatan platform elektronik, serta pelatihan kepada pelaku ekspor nasional. Diharapkan MoU ini mampu memberikan manfaat yang lebih optimal bagi para pelaku usaha Indonesia,” ungkap Arlinda. 

Arlinda mengungkapkan, target industri yang akan dikembangkan melalui kerja sama ini antara lain decorative arts & crafts, houseware, furniture, gift, toys and games, gems and jewellery, garment and textiles, fashion and accessories, food and beverage, tea, stationery, home textile, information and communication technology (ICT), medical equipment, baby products, fish and fisheries, dan  footwear. 

Executive Director HKTDC Margaret Fong menyatakan melalui penandatanganan MoU ini diharapkan pelaku usaha di Hong Kong dapat lebih meningkatkan hubungan perdagangan dengan pengusaha  Indonesia. Sebaliknya, para pengusaha Indonesia dapat menggunakan platform online market place 

HKTDC yang selama ini sudah lama digunakan dunia usaha internasional dalam melakukan transaksi perdagangan.(p/ab)